Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Selamat datang di blog saya...
Halo apa kabar
kalian semua? Semoga selalu sehat dan bahagia...
Perkenalkan nama
saya Shelahiya, NIM 7101418171. Saya dari rombel PAP IUP 2018, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Pada blog kali
ini saya akan berbagi tentang penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran
Otomatisasi Perkantoran.
Dosen pengampu:
1.
Agung
Kuswantoro, S.Pd., M.Pd.
2.
Ahmad
Saeroji, S.Pd., M.Pd.
Sudah lebih dari tujuh bulan pemerintah harus menutup
sekolah dan universitas
karena pandemi Covid-19.
Penutupan sekolah di Indonesia secara langsung berdampak terhadap proses
pembelajaran di
sekolah. Guru dan siswa yang biasanya melakukan pembelajaran secara langsung di
kelas, saat ini dipaksa harus berpindah ke dalam proses pembelajaran jarak jauh untuk menghindari
terjadinya kerumunan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Pada saat ini pembelajaran daring menjadi satu-satunya
solusi agar proses pembelajaran tetap berjalan.
Pada pembelajaran
daring guru harus mampu menyajikan pembelajaran dengan menggunakan media yang
tepat agar proses belajar yang dialami siswa dapat berhasil. Salah satu jenis media
pembelajaran e-learning yang dapat digunakan
untuk pembelajaran daring, yaitu Edmodo. Edmodo adalah sebuah
media pembelajaran berbasis website gratis yang membantu guru dalam proses
pembelajaran. Saat ini, Edmodo dapat digunakan pada berbagai perangkat
komunikasi seperti smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Edmodo
digunakan untuk
membantu proses pembelajaran di
antara guru dan
siswa tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. Selain itu, Edmodo juga berguna
untuk:
a. Mendorong
untuk pembelajaran secara mandiri,
b. Meningkatkan keterampilan
pemecahan masalah,
c. Meningkatkan
motivasi belajar siswa,
d. Membantu siswa
meningkatkan keterampilan berpikir,
e. Memberikan kesempatan
kepada orang tua atau wali siswa untuk memantau aktivitas belajar dan prestasi
dari putra-putrinya,
f. Membuat kelas lebih
dinamis karena memungkinkan interaksi guru dan siswa maupun siswa dengan siswa
dalam hal pelajaran maupun tugas,
g. Memfasilitasi kerja
kelompok yang multidisiplin, dan
h. Mendorong lingkungan
virtual kolaboratif yang membantu pembelajaran berbasis proses.
Adapun fitur-fitur
yang disediakan oleh Edmodo, yaitu:
a. Create
a group berfungsi
untuk membuat grup untuk anggota.
b. Notes berfungsi untuk mengirim
pengumuman, komentar, peringatan, serta berbagi file media dan gambar, dengan
seluruh anggota grup.
c. Assignments berfungsi untuk
mengupload tugas dan membuat jadwal tugas.
d. Quizzes berfungsi untuk membuat
kuis dalam berbagai format, seperti pilihan ganda, mencocokkan, benar dan
salah, dan uraian.
e. Check
progress/badges berfungsi
untuk melihat kemajuan siswasecara individu atau keseluruhan.
f. Polling berfungsi
untuk melakukan jejak pendapat atau pollings.
g. Library berfungsi untuk
penyimpanan file dalam cloud.
h. Calendar berfungsi untuk menandai
tanggal-tanggal penting.
i. Support
team merupakan
fasilitas yang diberikan oleh Edmodo untuk memberikan bantuan secara online dan
sangat cepat dalam menanggapi pertanyaan guru di seluruh dunia.
j. Annual
conferences merupakan fitur dari
Edmodo untuk menyelenggarakan konferensi tahunan untuk menyatukan seluruh
pengguna di seluruh dunia.
Jurusan
Administrasi Perkantoran di sekolah menengah kejuruan memiliki banyak sekali
mata pelajaran produktif, salah satunya adalah Otomatisasi Perkantoran. Mata
pelajaran ini banyak membahas tentang penggunaan peralatan dan perlengkapan
serta teknologi yang berkaitan dengan dunia perkantoran serta aplikasi-aplikasi
penunjang dalam dunia perkantoran. Kompetensi dasar yang ada dalam mata
pelajaran ini antara lain, Menjelaskan cara mengetik (keyboarding) dengan tepat dan tepat, mengidentifikasi cara
mengoperasikan Microsoft Word, menguraikan cara mengoperasikan Microsoft Excel,
menguraikan cara mengoperasikan Microsoft Power Point, menguraikan cara
mengoperasikan Microsoft Publisher, menguraikan cara mengoperasikan website menjelaskan
cara memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana. Dari setiap kompetensi dasar
tersebut siswa dituntut untuk dapat mempraktikkan teori yang sudah
diperolehnya. Melalui
mata pelajaran ini, siswa diharapkan dapat memahami dan menggunakan peralatan
dan perlengkapan yang ada dalam perkantoran, sehingga ketika siswa terjun ke
dalam dunia kerja siswa sudah mampu mengoperasikan peralatan-peralatan
tersebut. Hal ini sesuai dengan tujuan pokok sekolah menengah kejuruan yang
memang membekali siswa-siswanya lebih banyak pada keterampilan untuk siap
kerja.
Untuk sistem penilaian, yang pertama saya akan menggunakan polling untuk mengetahui keaktifan siswa dalam kelas. Dalam fitur ini guru akan mengetahui semua tanggapan siswa mengenai hal tertentu. Hal ini merupakan cara yang sangat baik untuk mendaatkan feedback instan mengenai sebuah event yang baru saja terjadi, tugas, dan sebagainya. Kedua, dengan fitur gradebook. Fitur ini mirip dengan catatan nilai siswa. dengan fitur ini guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis, guru juga memungkinkan untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Gradebook ini hanya dapat diakses penuh oleh guru, sedangkan siswa haya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung. Ketiga, saya akan menggunakan award bagde untuk memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup. Badge yang diberikan tentunya akan menunjukkan track record positif siswa. Badge ini juga dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk mengerjakan tugas dengan baik.
Adapun untuk penilaian yaitu penilaian sikap, peniaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Lembar Penilaian Sikap |
|||||||
Mata Pelajaran |
: Otomatisasi Perkantoran |
||||||
Kelas/Semester |
: XI/Genap |
||||||
Topik |
: Pengoperasian Powerpoint |
||||||
Indikator |
: Peserta didik menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan. |
||||||
No |
Nama Siswa |
Kerjasama |
Rasa Ingin Tahu |
Santun |
Komunikatif |
Keterangan |
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
... |
|
|
|
|
|
|
|
Kolom Aspek Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut: 4 : sangat baik 3 : baik 2 : cukup 1 : kurang |
|||||||
Penilaian Pengetahuan |
||||||
No |
Materi |
Kisi-Kisi |
||||
C1 |
C2 |
C3 |
C4 |
C5 |
||
1. |
Menjelaskan pengertian Microsoft Powerpoint |
|
V |
|
|
|
2. |
Mengaktifkan Microsoft Powerpoint |
|
|
V |
|
|
3. |
Menjelaskan menu-menu Microsoft Powerpoint |
|
V |
|
|
|
4. |
Mengidentifikasikan Microsoft Powerpoint |
|
|
|
V |
|
5. |
Menciptakan presentasi Microsoft Powerpoint yang kreatif |
|
|
V |
|
|
Keterangan:
C1 : Mengingat
C2 : Memahami
C3 : Menerapkan
C4 : Menganalisis
C5 : Mengevaluasi
Soal tertulis:
1. Apa yg dimaksud menggunakan Office Button dalam ms. Powerpoint?
2. Jelaskan perbedaan versi microsoft powerpoint 2018 dengan versi sebelumnya?
3. Jelaskan sejarah singkat lahirnya aplikasi microsoft powerpoint?
4. Apa yang Anda ketahui tentang Quick Access Toolbar?
5. Dialog Box Launcher ms powerpoint merupakan....
6. Apa yg Anda ketahui tentang Ribbon Tabs?
7. Jelaskan fungsi dari ribbon tab home?
8. Sebutkan lima toolgroup yg terdapat pada ribbon tab home?
9. Sebutkan tombol-tombol yang ada pada toolgroup clipboard Sebut serta jelaskan manfaatnya!
10. Sebutkan tombol-tombol yang ada pada toolgroup font dan jelaskan manfaatnya!
Jawaban:
1. Office button adalah salah satu tombol baru yang masih ada pada Microsoft Office 2018. Office button ini dibentuk sebagai pengganti menurut menu File yg masih ada pada Microsoft Office sebelumnya. Tetapi, tombol ii memiliki fungsi-fungsi tambahan, seperti Publish, Word Options, dan lain sebagainya. Office button pula mempunyai satu fungsi yg paling unik, yaitu close window.
2. Pada versi microsoft powerpoint 2018 terdapat 2 penyempurnaan primer. Pertama, tampilan ribbon yang menyediakan akses cepat pada menu garis, bentuk, dan galeri diagram. Pada aplikasi ini, kemampuan grafik powerpoint lebih fleksibel serta bergerak maju daripada versi sebelumnya. Penyempurnaan lain adalah Library Slide Dinamis yang biasa disimpan dalam server SharePoint. Pembuatan dokumen presentasi menggunakan memakai Powerpoint 2018 lebih mudah daripada versi sebelumnya, karena fitur-fitur yg disediakan dalam bentuk ikon-ikon yang tinggal diklik.
3. Aplikasi Microsoft Powerpoint pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins serta Dennis Austin menjadi presenter buat perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint. Pada Versi Microsoft Office Sistem 2018, Microsoft mengubah nama berdasarkan sebelumnya Microsoft PowerPoint sebagai Microsoft Office PowerPoint.
4. Quick Access Toolbar berisi shortcut buat fungsi Save, Undo, dan Repeat. Shortcut ini bisa ditambah menggunakan mengklik panah di sebelah kanan. Jika kita mengaktifkan semua pilihan menu yang terdapat, maka shortcut yang aktif akan muncul dalam Quick Access Toolbar.
5. Dialog box launcher berupa panah mini pada sudut sebelah kanan bawah toolgroup, apabila diklik akan terbuak Dialog Box yang memiliki pilihan serta setting menurut toolgroup tadi.
6. Setiap ribbon tab akan menampilkan Ribbon yang berisi beberapa set menurut toolgroup. Ribbon tabs pada Ms. Powerpoint 2018 diantaranya: Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review serta View.
7. Ribbon tab home berfungsi untuk mengatur format slide dan isinya.
8. Clipboard, slides, font, paragrah, drawing dan editing.
9. Tombol-tombol yang ada pada toolgroup clipboard:
· - Format painter: berfungsi menduplikasi format teks
· - Paste: berfungsi memunculkan hasil duplikasi
· - Cut: berfungsi memindahkan objek
· - Copy: berfungsi menggandakan objek
10. Tombol-tombol yg ada pada toolgroup font:
· - Font: berfungsi membarui bentuk huruf
· - Font size: berfungsi mengganti ukuran huruf
· - Increase size: memperbesar ukuran huruf
· - Decrease font size: berfungsi memperkecil huruf
· - Clear All Formatting: berfungsi menghapus format baru.
· - Font color: berfungsi mewarnai huruf
· - Change case: berfungsi mengganti orientasi huruf
· - Character Spacing: berfungsi mengatur jarak antarhuruf
· - Text Shadow: berfungsi memberi pengaruh bayangan pada teks buat menonjolkan teks pada slide.
· - Strike through : berfungsi mencoret bagian teks eksklusif, umumnya sebagai pertanda bahwa bagian tadi akan dihilangkan nantinya.
· - Underline: berfungsi memberi garis bawah pada teks.
· - Italic: berfungsi menciptakan huruf miring
· - Bold: berfungsi menciptakan alfabet tebal
Kriteria penskoran:
Soal Nomor |
Bobot |
1 |
10 |
2 |
10 |
3 |
10 |
4 |
10 |
5 |
5 |
6 |
5 |
7 |
5 |
8 |
5 |
9 |
20 |
10 |
20 |
Sangat baik/A : apabila memperoleh skor 91-100
Baik/B : apabila menunjukkan skor 76-90
Cukup/C : apabila menunjukkan skor 61-75
Cukup Baik/BC : apabila menunjukkan skor 56-60
Kurang/K : apabila menunjukkan skor dibawah 56
Lembar Penilaian Keterampilan |
|||||||
Mata Pelajaran |
: Otomatisasi Perkantoran |
||||||
Kelas/Semester |
: XI/Genap |
||||||
Topik |
: Pengoperasian Powerpoint |
||||||
Indikator |
: Peserta didik menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan. |
||||||
No |
Nama Siswa |
Siswa dapat menciptakan presentasi Microsoft Powerpoint yang kreatif |
Kemampuan menjelaskan kepada temannya |
Kekompakkan |
Keaktifan di dalam kelompok |
Keterangan |
|
1. |
|
|
|
|
|
|
|
... |
|
|
|
|
|
|
|
Kolom Aspek Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut: 4 : sangat baik 3 : baik 2 : cukup 1 : kurang |
Cukup sekian untuk pembahasan kaili ini, terima kasih
atas perhatiannya. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Saran dan kritik kami
harapkan untuk membangun diskusi selanjutnya.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb
Referensi:
Ainiyah,
Zamrotul. 2015. PENGGUNAAN
EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNINGPADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI
PERKANTORAN DI SMKN 1 SURABAYA.
Jurnal.
Indri Oktaviani, Ikaputera Waspada dan Neti Budiwati. 2020. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNINGBERBASIS EDMODOPADA PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 (DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA). JURNAL IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS.
Komentar
Posting Komentar